Visa Permanent Resident Pasangan

Visa Permanent Resident ini diberikan untuk anda yang memiliki pasangan yang telah memiliki status Permanent Resident / Warga Negara Australia serta pasangan anda ingin mensponsori pasangan anda untuk mendapatkan visa Permanent Resident .

Anda harus memiliki status pernikahan resmi dengan pasangan anda atau jika tidak terikat dalam pernikahan resmi anda dan pasangan anda harus dapat membuktikan bahwa anda berdua memiliki komitmen dan kesungguhan untuk hidup bersama untuk seterusnya.

Pernikahan resmi :
Yang dimaksud dengan pernikahan resmi adalah pernikahan yang dibuktikan oleh surat nikah yang diakui oleh hukum Australia jika dilakukan di Australia atau pernikahan yang dibuktikan oleh surat nikah yang diakui oleh hukum di negara tempat pernikahan tersebut tercatat .

Australia tidak mengenal poligami yakni seseorang memiliki lebih dari satu pasangan resmi . Poligami tidak diakui di Australia.

Australia tidak mengakui pernikahan dalam satu hubungan darah seperti pernikahan antara saudara kandung baik sekandung penuh ataupun setengah kandung , pernikahan dalam satu garis lurus ke atas ataupun ke bawah .


Hidup bersama

Hukum Australia mengakui konsep hidup bersama tanpa ikatan pernikahan ( Spouse de facto ) . Australia menwajibkan anda untuk membuktikan bahwa hidup bersama telah dilakukan untuk masa 12 bulan sebelum permohonan visa pasangan diajukan.

Australia mensyaratkan anda dan pasangan anda ( baik pernikahan resmi ataupun hidup bersama ) untuk membuktikan :

Anda berdua memiliki komitmen dan kesungguhan untuk menjalani hidup bersama
Anda berdua memiliki hubungan yang serius dan bersifat permanen
Anda berdua tinggal bersama atau tidak pernah tinggal terpisah untuk jangka waktu lama.

Persyaratan Umur

Berdasarkan hukum Australia , jika pernikahan dilakukan dan dicatat di Australia maka usia sah untuk menikah adalah mulai dari 18 tahun . Jika pernikahan dilakukan dan dicatat di negara lain yang mengakui usia sah untuk menikah adalah mulai dari 16 tahun maka Australia akan menerima pernikahan tersebut .

Tempat Pengajuan Permohonan Visa Pasangan

Pengajuan Permohonan di Australia: Permohonan di ajukan di Australia dan anda harus berada di Australia saat permohonan diajukan.

Pengajuan Permohonan di luar Australia: Permohonan diajukan diluar Australia dan anda harus berada di luar Australia saat permohonan diajukan.



Visa Pasangan ( Spouse Visa )

Visa ini diajukan oleh anda yang memiliki status hubungan suami isteri baik melalui pernikahan resmi ataupun melalui hidup bersama.

Proses visa pasangan ini melalui 2 tahapan :

Anda mengajukan permohonan Visa Permanent Resident Pasangan ( Spouse Visa ) dan pada saat anda mengajukan permohonan anda harus melalui 2 tahapan

Tahap 1 : Visa Tinggal Sementara Pasangan ( Spouse Temporary Visa )

Pada tahapan ini anda harus :

Menyediakan dan memperlihatkan bukti bahwa hubungan anda berdua adalah serius dan bersifat permanen .
Menjalani pemeriksaan kesehatan ( medical checkup ) serta menyiapkan Surat Catatan Kelakuan Baik dari Kepolisian .

Anda mungkin diharuskan menjalani wawancara oleh Departmen Imigrasi Australia untuk menguji informasi yang telah anda berikan.

Jika anda lolos Tahap 1 ini , anda akan diberikan Visa Temporary ( Visa Tinggal Sementara ) yang berlaku sampai Visa Permanent Resident diberikan.

Jika Anda mengajukan permohonan di luar Australia :

Anda harus berada di luar Australia saat visa temporary diberikan
Anda diharuskan tiba di Australia sebelum tanggal tertentu yang telah ditetapkan
Visa Temporary ( Visa Tinggal Sementara ) ini memberikan anda hak untuk keluar masuk Australia sampai Visa Permanent Resident diberikan atau sampai anda mencabut permohonan Visa Permanent Resident anda.

Jika anda mengajukan permohonan di Australia

Anda harus berada di Australia saat visa temporary diberikan
Visa Temporary ( Visa Tinggal Sementara ) ini memberikan anda hak untuk keluar masuk Australia sampai Visa Permanent Resident diberikan atau sampai anda mencabut permohonan Visa Permanent Resident anda.


Tahap 2 : Visa Permanent Resident Pasangan ( Spouse Permanent Visa )

Proses Tahap 2 ini akan dimulai 2 tahun setelah anda mengajukan permohonan Visa Permanent Resident Pasangan ( Spouse Visa ) dan setelah 2 tahun anda memiliki Visa Tinggal Sementara Pasangan ( Spouse Temporary Visa ).

Dalam Tahap 2 ini , pihak Departemen Imigrasi Australia akan :

Meminta bukti dari anda dan pasangan bahwa hubungan anda berdua adalah serius dan bersifat permanen
Surat Pernyataan dari 2 orang yang mengenal baik anda berdua yang dapat membuktikan bahwa hubungan anda berdua adalah serius dan bersifat permanen.
Surat Kelakuan Baik Plisi Australia jika anda pernah tinggal di Australia untuk masa lebih dari 1 tahun.

Anda berdua mungkin diharuskan menjalani wawancara untuk menguji informasi yang anda berikan.

Jika anda memenuhi semua persyaratan tersebut , anda akan diberikan Visa Permanent Resident Pasangan ( Spouse Permanent Visa ).
.
Pengecualian atas masa menunggu 2 tahun

Anda dikecualikan dari masa menunggu 2 tahun untuk mendapatkan Visa Permanent Resident Pasangan ( Spouse Permanent Visa ) jika:

Pada saat mengajukan permohonan ,anda berdua telah memiliki hubungan hidup bersama untuk masa 5 tahun atau lebih atau

Pada saat mengajukan permohonan , anda berdua telah memiliki hubungan hidup bersama untuk masa 2 tahun dan telah memilki anak sebagai hasil hubungan tersebut.

Pasangan anda diberikan status pemegang Visa Permanent Resident kategori kemanusiaan ( Humanitarian Permanent Visa ) atau Visa Proteksi ( Protection Visa ) dan hubungan hidup bersama dengan anda telah dilakukan sebelum visa kemanusiaan/proteksi diberikan serta pasangan anda menyatakan dan mengakui adanya hubungna hidup bersama dengan anda pada saat visa kemanusiaan/proteksi diberikan.

Jika hubungan anda berdua berakhir pada saat anda masih memegang Visa Tinggal Sementara Pasangan ( Spouse Temporary Visa ) , anda harus memberitahukan Departemen Imigrasi Australia secepat mungkin . Walaupun hubungan anda berdua telah berakhir , anda masih dapat memperoleh Visa Permanent Resident Pasangan ( Spouse Permanent Visa ) tanpa harus menunggu 2 tahun jika :

Setelah memasuki Australia , hubungan anda dengan pasangan anda berakhir serta anda ( atau anak anda ) mengalami kekerasan fisik yang dilakukan pasangan anda atau

Setelah memasuki Australia, hubungan anda dengan pasangan anda berakhir serta anda dan pasangan anda tersebut memiliki anak yang masih berusia dibawah 18 tahun sebagai hasil hubungan anda. Atau

Pasangan anda meninggal dunia anda harus membuktikan bahwa jika pasangan anda tidak meninggal maka hubungan anda berdua seharusnya berlangsung untuk selamanya serta anda telah membangun ikatan dengan negara Australia.

keatas
---------------------------------------------------------------------------------------------------------


Visa Tunangan

Permohonan visa kategori ini harus dilakukan di luar Australia dan anda harus berada di luar Australia pada saat anda mengajukan permohonan.

Anda harus bertunangan dengan pasangan anda yang berkewarganegaraan Australia , atau memiliki Visa Permanent Resident atau Warga Negara New Zealand dengan kategori tertentu serta beniat melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Tidak ada halangan untuk menikah dibawah hukum Australia dan anda dan pasangan anda harus berusia minimal 18 tahun .

Bukti Kesungguhan Hubungan Anda Berdua

Anda berdua harus pernah bertemu dan saling mengenal secara pribadi.
Anda memiliki niat serius untuk menikahi pasangan anda dalam waktu 9 bulan terhitung sejak anda diberikan visa tinggal sementara dan anda berdua berniat untuk tinggal bersama sebagai suami isteri.

Tahapan Proses Untuk Visa Tunangan terdiri atas 3 Tahapan yakni :

Tahap 1 : Visa Tinggal Sementara Tunangan ( Prospective Marriage Temporary Visa)

Anda disyaratkan :

Menyediakan surat tertulis dari pihak yang akan memimpin upacara pernikahan di Australia seperti pastur / pendeta / pemimpin agama lainnya yang menjelaskan tentang pengaturan yang telah dilakukan untuk upacara pernikahan anda berdua di Australia. Surat keterangan tersebut harus berisikan tempat dan tanggal upacar pernikahan serta pembuktian Surat Pemberitahuan Akan Menikah ( Notice of Intended Marriage ) telah anda ajukan.

Membuktikan bahwa hubungan anda adalah serius dan bersifat permanen

Menjalani tes kesehatan ( medical checkup ) serta menyiapkan Surat Catatan Kelakuan Baik dari Kepolisian.

Anda mungkin diharuskan menjalani wawancara oleh pihak Departmen Imigrasi Australia untuk menguji informasi yang telah anda berikan.

Anda harus berada di Australia saat Visa Tinggal Sementara ( Prospective Marriage temporary visa ) diberikan.

Jika anda berhasil menyelesaikan semua syarat yang diajukan di Tahap 1 , anda akan diberikan Visa Tinggal Sementara Tunangan ( Prospective Marriage temporary visa ) untuk masa 9 bulan . Dalam waktu 9 bulan , anda harus berkunjung ke Australia sebagai orang yang belum menikah , menikahi pasangan anda dan mengajukan Visa Permanent Resident Pasangan ( Spouse Visa ) di Australia .

Tahap 2 : Anda mengajukan permohonan Visa Permanent Resident Pasangan ( Spouse Visa ) setelah anda menikah . Anda harus berada di Australia saat mengajukan permohonan visa . Anda berdua mungkin diharuskan menjalani wawancara . Anda diberikan Visa Tinggal Sementara Pasangan (Spouse Temporary Visa ) . Anda harus berada di Australia saat visa ini diberikan . Visa Tinggal Sementara Pasangan ( Spouse Temporary Visa ) ini memberikan anda hak untuk keluar masuk Australia sampai Visa Permanent Resident diberikan atau sampai permohonan Visa Permanent Resident dicabut.

Tahap 3 : Anda diberikan Visa Permanent Resident Pasangan ( Spouse Permanent Visa ) dalam waktu 2 tahun setelah anda mengajukan permohonan Visa Permanent Resident Pasangan dan dalam waktu 2 tahun setelah anda memegang Visa Tinggal Sementara Pasangan ( Spouse Temporary Visa ).

Dalam tahap 3 ini anda harus :

Membuktikan bahwa hubungan anda berdua adalah serius dan bersifat permanen

Menyediakan Surat Pernyataan dari 2 orang yang mengenal baik anda berdua yang dapat membuktikan bahwa hubungan anda berdua adalah serius dan bersifat permanen.
Menyiapkan Surat Kelakuan Baik Plisi Australia jika anda pernah tinggal di Australia untuk masa lebih dari 1 tahun.


Anda dan pasangan mungkin diwajibkan menjalani wawancara.

Jika anda memenuhi syarat di Tahap 3 , Visa Permanent Resident Pasangan ( Spouse Permanent Visa ) akan diberikan kepada anda.

Anda harus berada di Australia pada saat visa ini diberikan.

Jika hubungan anda berdua berakhir pada saat anda masih memegang Visa Tinggal Sementara Pasangan ( Spouse Temporary Visa ) , anda harus memberitahukan Departmen Imigrasi Australia secepat mungkin . Walaupun hubungan anda berdua telah berakhir , anda masih dapat memperoleh Visa Permanent Resident Pasangan ( Spouse Permanent Visa ) tanpa harus menunggu 2 tahun jika :

Setelah memasuki Australia , hubungan anda dengan pasangan anda berakhir serta anda ( atau anak anda ) mengalami kekerasan fisik yang dilakukan pasangan anda atau

Setelah memasuki Australia, hubungan anda dengan pasangan anda berakhir serta anda dan pasangan anda tersebut memiliki anak yang masih berusia dibawah 18 tahun sebagai hasil hubungan anda. Atau

Pasangan anda meninggal dunia anda harus membuktikan bahwa jika pasangan anda tidak meninggal maka hubungan anda berdua seharusnya berlangsung untuk selamanya serta anda telah membangun ikatan dengan negara Australia.

keatas
---------------------------------------------------------------------------------------------------------


Visa Pasangan Sejenis ( Interdependent Partner )

Australia adalah negara yang mengakui hubungan sejenis yakni homoseksual dan lesbian.

Syarat utama :

Anda dan pasangan anda harus membukti bahwa anda berdua memiliki keseriusan untuk hidup bersama secara eksklusif tanpa berbagi dengan pasangan sejenis lainnya.

Hubungan anda berdua adalah serius dan bersifat permanen

Anda berdua telah memiliki hubungan untuk masa minimal12 bulan sebelum mengajukan permohonan visa .

Anda berdua harus sudah berusia minimal 18 tahun.

Permohonan dapat diajukan di Australia maupun di luar Australia.

Visa Pasangan Sejenis ( Interdependent Partner ) ini meliputi 2 tahap yakni :

Tahap 1 : Visa Tinggal Sementara Pasangan Sejenis ( Interdependency temporary visa )

Dalam tahap ini anda harus :
Membuktikan bahwa hubungan anda berdua adalah serius dan bersifat permanen
Menjalani pemeriksaan kesehatan ( medical chek up ) serta menyiapkan Surat Catatan Kelakuan Baik dari kepolisian
Anda mungkin diharuskan menjalani wawancara oleh Departemen Imigrasi Australia untuk menguji informasi yang anda berikan.

Anda diberikan Visa Tinggal Sementara Pasangan Sejenis ( Interdependent Partner Temporary Visa ) ..

Jika Anda mengajukan permohonan di luar Australia :

Anda harus berada di luar Australia saat visa temporary diberikan
Anda diharuskan tiba di Australia sebelum tanggal tertentu yang telah ditetapkan
Visa Temporary ( Visa Tinggal Sementara ) ini memberikan anda hak untuk keluar masuk Australia sampai Visa Permanent Resident diberikan atau sampai anda mencabut permohonan Visa Permanent Resident anda.

Jika anda mengajukan permohonan di Australia

Anda harus berada di Australia saat visa temporary diberikan
Visa Temporary ( Visa Tinggal Sementara ) ini memberikan anda hak untuk keluar masuk Australia sampai Visa Permanent Resident diberikan atau sampai anda mencabut permohonan Visa Permanent Resident anda.


Tahap 2 : Visa Permanent Resident Pasangan Sejenis (Interdependency Permanent Visa)

Meminta bukti dari anda dan pasangan bahwa hubungan anda berdua adalah serius dan bersifat permanen
Surat Pernyataan dari 2 orang yang mengenal baik anda berdua yang dapat membuktikan bahwa hubungan anda berdua adalah serius dan bersifat permanen.
Surat Kelakuan Baik Plisi Australia jika anda pernah tinggal di Australia untuk masa lebih dari 1 tahun.
Anda berdua mungkin diharuskan menjalani wawancara untuk menguji informasi yang anda berikan.

Jika anda memenuhi semua persyaratan tersebut , anda akan diberikan Visa Permanent Resident Pasangan Sejenis ( Interdependent Permanent Visa ).
.
Jika hubungan anda berdua berakhir pada saat anda masih memegang Visa Tinggal Sementara Pasangan Sejenis ( Interdependent Temporary Visa ) , anda harus memberitahukan Departmen Imigrasi Australia secepat mungkin . Walaupun hubungan anda berdua telah berakhir , anda masih dapat memperoleh Visa Permanent Resident Pasangan Sejenis (Interdependent Permanent Visa) tanpa harus menunggu 2 tahun jika :

Setelah memasuki Australia , hubungan anda dengan pasangan anda berakhir serta anda mengalami kekerasan fisik yang dilakukan pasangan anda atau

Pasangan anda meninggal dunia anda harus membuktikan bahwa jika pasangan anda tidak meninggal maka hubungan anda berdua seharusnya berlangsung untuk selamanya serta anda telah membangun ikatan dengan negara Australia.

CARA MEMBUKTIKAN KESERIUSAN HUBUNGAN ANDA

Anda berdua memiliki rekening bank bersama atau kepemilikan aset properti bersama atau menanggung biaya rumah tangga bersama atau melakukan perjanjian hutang / kredit atas nama berdua , tinggal bersama, surat cinta atau bukti komunikasi e-mail anda berdua , bukti catatan dari kantor telepon atas komunikasi telepon anda berdua , foto foto anda berdua atau bersama teman dan orang tua anda .

Semakin banyak bukti yang memperlihatkan keseriusan hubungan anda semakin memperkuat kemungkinan sukses anda memperoleh visa .

Anda dapat menghubung kami di : info@migrasi.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut .